Category Archives: Berita

REKREASI BERSAMA KELUARGA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

REKREASI BERSAMA KELUARGA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

16-17 FEBRUARI 2019

 

Kebersamaan dan kekeluargaan merupakan spirit dalam bekerja dalam suatu organisasi. Staf pendidik dan kependidikan di Program Studi Agribisnis tidak hanya patner dalam bekerja namun telah menjadi keluarga kedua. Untuk memupuk rasa kekeluargaan, kebersamaan dan untuk penyegaran, setiap tahun prodi mengadakan rekreasi bersama. Rekreasi diikuti oleh staf dengan mengajak serta anggota keluarga.Tahun ini rekreasi mengambil lokasi di Malang dengan beberapa destinasi antara lain Taman Safari Prigen, Malang Night Paradise dan Jatim Park 3. Rekreasi dilaksanakan pada tanggal 16-17 Februari 2019. Rekreasi berjalan lancer dan semua peserta menikmati rekreasi dengan suka cita. Semoga kegiatan ini dapat terus dijalankan ditahun-tahun berikutnya.

SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

26 FEBRUARI 2019

Seleksi mawapres merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Seleksi mawapres diawali dengan seleksi ditingkat program studi. Pada tahun 2019, peserta seleksi mawapres prodi Agribisnis FP UNS sebanyak 9 mahasiswa. Adapun juri mawapres antara lain Dr Rhina Uchyani F, Dr Umi Barokah dan Dr Ernoiz Antriyandarti. Berdasarkan hasil seleksi terpilih Juara 1 yang sekaligus akan mewakili maju seleksi ditingkat Fakultas adalah Iqbal Luthfi Ramadhan. Setelah seleksi selesai, yang bersangkutan akan secara intensif mendapatkan bimbingan dari ketiga juri agar lebih siap lagi berlomba ditingkat Fakultas baik dari aspek karya ilmiah, personality atau performance dan skill bahasa inggris.

LOKAKARYA PERSIAPAN VISITASI AUN QA

LOKAKARYA PERSIAPAN VISITASI AUN QA

SURAKARTA, 25 APRIL 2019

Dalam rangka menyambut visitasi AUN QA yang akan diselenggarakan tanggal 24-26 Juni 2019, Kepala Program Studi dan segenap staf pendidik dan kependidikan Prodi Agribisnis menyelenggarakan Lokakarya persiapan visitasi AUN QA. Kegiatan dilakukan di hotel Dana pada tanggal 25 April 2019. Kegiatan berupa cek dokumen lampiran SAR AUN QA, list interviewees, persiapan teknis, SDM dan sarana prasarana. Kegiatan dipimpin langsung oleh kaprodi. Hasil kegiatan ini adalah ceklist progress lampiran SAR dan check list persiapan teknis.  Kegiatan yang diselenggarakan dari jam 08.00-18.00 berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

KUNJUNGAN BENCHMARKING DARI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

KUNJUNGAN BENCHMARKING DARI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

17 JANUARI 2019

Pada tanggal 17 Januari 2019, program studi Agribisnis mendapat kunjungan dari rombongan dosen dan kaprodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang. Rombongan dikoordinir oleh kaprodi berkunjung untuk melakukan sharing mengenai kurikulum, praktikum, SKPI, pengelolaan jurnal dan tracer alumni. Diskusidilakukan di R Sidang Lt 2 fakultas Pertanian dan disambut juga oleh Dekan Fakultas Pertanian. Kegiatan benchmarking sangat bermanfaat baik bagi tamu dan juga bagi Prodi Agribisnis FP UNS karena dapat bertukar informasi dan pengalaman dalam mengelola prodi khususnya terkait kegiatan akademik. Kegiatan kunjungan di akhiri dengan berkeliling melihat prodi, lab multimedia dan outlet agribisnis. Semoga kedepan semakin banyak yang berkunjung untuk benchmarking agar semakin banyak sharing pengetahuan dan inovasi dalam memajukan prodi.

PRAKTIKUM EKONOMI SUMBER DAYA PERTANIAN

PRAKTIKUM EKONOMI SUMBER DAYA PERTANIAN

WONOGIRI, 30 APRIL 2019

Praktikum Ekonomi Sumber Daya Pertanian pada semester Genap 2018 mengambil topik Kajian Pengelolaan Sumber Daya Air di Kabupaten Wonogiri. Praktikum dilakukan pada tanggal 30 April 2019 dengan mengunjungi Perum Jasa Tirta 1 sebagai lembaga pengelola pemanfaatan sumber daya air di Wonogiri. Di perusahaan ini, mahasiswa mendapat pengetahuan mengenai tata kelola sumber daya air yang dilakukan oleh perum Jasa Tirta. Setelah mendapatkan materi, mahasiswa dibawa ke bendungan Serbaguna Wonogiri, Waduk Wonogiri dan Waduk Colo untuk melihat secara langsung pengelolaan air diwilayah ini. Praktikum menjadi media penting untuk memperkaya pemahaman dan pengalaman mahasiswa mengenai mata kuliah ekonomi sumber daya pertanian yang telah dipelajari di kelas. Praktikum ini juga diharapkan mampu memotivasi mahasiswa untuk lebih bijak dalam menggunakan air dan lebih peduli dalam menjaga ketersediaan air.

UJIAN RANCANGAN AKTUALISASI PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III

UJIAN RANCANGAN AKTUALISASI

PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ATAS NAMA IBU REFA’UL KHOIRIYAKH

(SERPONG, 7 Mei 2019)

 

Untuk membentuk ASN yang berkompeten Negara melakukan Pelatihan dasar(LATSAR) yang dulunya disebut Prajabatan. Peraturan LAN Nomor 25 Tahun2017 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III ditetapkan bahwa calon ASN harus mengikuti tahapan Pelatihan dasar. Sistem pembelajaran pada Pelatihan Dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III dengan pola baru yang menuntut setiap peserta Pelatihan dasar mampu mengaktualisasikan nilai – nilai dasar profesi ASN yaitu ANEKA (akuntabilitas,  nasionalisme, etikapublik, komitmenmutu, dan anti korupsi). Hal ini dilakukan sebagai upaya kongkrit pemerintah dalam membentuk sumber daya manusia yang mampu bersikap dan bertindak secara professional dalam pelayanan publik.

Salah satu tahapan dari kegiatan pelatihan adalah seminar evaluasi laporan aktualisasi. Atasan peserta selain bertugas sebagai mentoring juga bertugas sebagai penguji pada seminar evaluasi laporan aktualisasi. Melalui kegiatan ini diharapkan laporan aktualisasi yang disusun peserta (Ibu Refaul Khairiyakh, SP, M.Si) dapat semakin baik, terimplementasi dengan baik dan mendukung peningkatan mutu pembelajaran khususnya di Prodi Agribisnis, Fakultas pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Joint Curriculum dan Credit Transfer Bagi Perguruan Tinggi

Pada tanggal 23 Mei 2019, Nuning Setyowati, SP. M.Sc mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis terkait Penyelenggaraan Joint Curriculum dan Credit Transfer Bagi Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran, Kemenristekdikti. Kegiatan diselenggarakan di LLDIKTI Wilayah VI di Semarang. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendorong program internasionalisasi yang semakin intensif dilakukan baik melalui student exchange, double degree dan lainnya. Kegiatan internasionalisasi baik inbound ataupun outbound mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dan menjadi prestasi tersendiri bagi perguruan tinggi. Hasil kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi Program Studi Agribisnis yang beberapa tahun terakhir rutin mengirim mahasiswa untuk mengikuti student exchange keKasetsart University, Thailand dan menerima mahasiswa dari PT di luar negeri. Pemilihan mata kuliah yang akan diambil peserta exchange harus diperhatikan agar dapat diakui di perguruan tinggi asal mahasiswa, sehingga tidak hanya mendapat pengalaman belajar namun juga mendapatkan kredit untuk mata kuliah yang diambil. Koordinasi dan komunikasi yang baik antara perguruan tinggi menjadi kunci keberhasilan kegiatan exchange.

PELATIHAN BAHASA INGGRIS

(Bulan Maret – Mei 2019)

Teacher : Mr Danang dan Mr Phil dari Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris (English First)

Dalam rangka meningkatkan soft skill bahasa inggris bagi staf akademik,  program studi Agribisnis menyelenggarakan pelatihan bahasa inggris bersama – sama . Pelatihan dilakukan dengan mendatangkan pengajar dari EF dengan jadwal sekali dalam seminggu selama 10 kali. Kegiatan dimulai bulan maret dan berakhir pada bulan mei 2019. Peserta sangat antusias belajar khususnya conversation practices yang selama ini sering kali kurang terasah. Melalui kegiatan ini diharapkan bahasa inggris menjadi lebih familiar didalam lingkungan kampus khususnya dalam proses PBM dan dalam mendukung program internasionalisasi yang juga menuntut skill bahasa inggris yang baik. Luaran yang diharapkan dari kegiatan adalah bahwa setiap staf pendidik mampu menyampaikan perkuliahan dalam bahasa  inggris minimal satu kali tatap muka dalam satu semester dan pengampu kelas internasional akan semakin bertambah.

AUN-QA Training Course

AUN-QA Training Course

Prodi Agribisnis FP UNS merencanakan akan mengkases sertifikasi internasional yaitu dan AUN QA.Sertifikasi merupakan salah satu indikator kinerja lembaga, demikian halnya bagi Prodi Agribisnis. Untuk mengakses sertifikasi tersebut, prodi akan mengikuti AUN QA Training agar nantinya mampu menyusun borang AUN-QA dengan baik dan sesuai ketentuan. AUN-QA Training dilaksanakan pada 14 – 17 Februari 2017 di Novotel Bangkok Platinum Partunam Hotel, Bangkok, Thailand. Kegiatan yang dilakukan selama training terdiri dari pengenalan framework AUNQA, materi kriteria 1 sampai kriteria 11, materi penyusunan self assesment (SAR) dan presentasi SAR Review. Melalui AUN QA Training ini diharapkan prodi lebih memahami ketentuan atau tata cara dalam menyusunan borang (SAR AUN QA) dengan baik. Penyusunan borang akreditasi yang baik, lengkap sesuai dengan panduan diharapkan dapat mendukung pencapaian sertifikasi.

Exchange Program: Kasetsart University 2016

Exchange Program: Kasetsart University 2016

Inovasi pembelajaran di tingkat perguruan tinggi semakin berkembang. Penyesuaian diperlukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Prodi Agribisnis. Salah satu upaya dapat dilakukan dengan  belajar dari perguruan tinggi ditingkat internasional. Mahasiswa dengan kemampuan akademik dan kemampuan bahasa asing yang baik diberikan kesempatan untuk mengikuti student exchange. Kegiatan student exchange telah berjalan 2 bulan dengan mengirim 4 orang mahasiswa ke Kasetsart University, Thailand. Untuk memantau kegiatan mahasiswa di Kasetsart University (re: KSU) Prodi Agribisnis melakukan monitoring dan evaluasi langsung yang dilaksanakan pada 25 – 29 September 2016, guna memperluas kerjasama yang telah terjalin dengan Kasetsart University melalui diskusi dengan pihak akademisi KSU dan mengevaluasi progress PBM mahasiswa selama di KU dan mengevaluasi hal-hal yang bersifat non akademis (tempat tinggal, logistik dan fasilitas pendukung lainnya). Selama 5 hari berada di Thailand tim dosen juga melihat langsung kondisi ruang kelas, laboratorium komputer, perpustakaan dan fasilitas lainnya di lingkungan KSU.

Translate »