Category Archives: Naskah Publikasi Mahasiswa (2012)

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN PASAR TRADISIONAL TERHADAP BUAH JERUK LOKAL DAN BUAH JERUK IMPOR DI KABUPATEN KUDUS

ISNI YUNIAR RISKA(1)

Ir. SUGIHARTI MULYA H, MP (2)

D. PADMANINGRUM, SP. MSi (3)

ABSTRAK

      Penelitian ini bertujuan mengkaji atribut buah jeruk lokal dan buah jeruk impor yang menjadi preferensi konsumen di Kabupaten Kudus, mengkaji atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah jeruk lokal dan buah jeruk impor di Kabupaten Kudus. Lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja di Toko Buah Sumber, Pasar Kliwon, Pasar Bitingan, Hypermart, Ramayana Mall, Ada Swalayan di Kabupaten Kudus dengan responden sebanyak 96 orang. Metode Analisis data yang digunakan adalah Analisis Chi Square (x2) dan Analisis Multi Atribut Fishbein.

      Hasil penelitian menunjukkan responden yang membeli buah jeruk lokal maupun buah jeruk impor didominasi oleh perempuan dengan mayoritas  kisaran  usia produktif yaitu antara 20 hingga 40 tahun (77,08%). Tingkat pendidikan mayoritas SLTA (39,58%). Pekerjaan mayoritas adalah pegawai swasta (29,17%). Tingkat pendapatan mayoritas adalah Rp 1.500.000,00 – Rp 2.499.000,00 (26,04%). Jumlah anggota keluarga mayoritas 4-5 orang (54,17%). Berdasarkan analisis Chi Square terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap semua atribut-atribut yang ada buah jeruk lokal dan buah jeruk impor, kecuali pada atribut warna buah jeruk impor. Buah jeruk lokal yang menjadi preferensi konsumen di Kabupaten Kudus adalah yang mempunyai rasa manis sedikit asam, warna buah kuning kehijauan, ukuran buah sedang (8-9 buah/kg), dan aroma buah segar. Sedangkan buah jeruk impor yang menjadi preferensi konsumen di Kabupaten Kudus adalah yang mempunyai rasa manis, warna buah oranye, ukuran sedang (8-9 buah.kg), dan aroma buah yang segar. Berdasarkan analisis Multiatribut Fishbein Atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah jeruk lokal maupun buah jeruk impor di Kabupaten Kudus berturut-turut adalah rasa buah, warna buah, ukuran buah, dan aroma buah.

Kata Kunci: Buah Jeruk Lokal, Buah Jeruk Impor, Preferensi Konsumen, Analisis Chi Square, Analisis Multiatribut Fishbein.

Keterangan   :

(1) Mahasiswa Fakultas Pertanian UNS dengan NIM H0808113

(2) Dosen Pembimbing Utama, Staf Pengajar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

(3) Dosen Pembimbing Pendamping, Staf Pengajar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Download jurnal ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BUAH JERUK LOKAL DAN BUAH JERUK IMPOR DI KABUPATEN KUDUS