Webinar Seri 1: Daya Saing Agribisnis Di Era New Normal: Peluang Dan Tantangan
Rabu, 17 Jun 2020, 20:25:46 WIB - 327 View

Webinar Seri 1: Daya Saing Agribisnis Di Era New Normal: Peluang Dan Tantangan

Era new normal menghadapi Covid-19 sudah mulai diterapkan di Indonesia. Situasi ini tentu berdampak multisektor termasuk sektor pertanian. Sebagai sektor yang memenuhi kebutuhan 267 juta penduduk Indonesia, sektor pertanian khususnya pangan merupakan garda depan dalam upaya penanggulangan Covid-19 karena pangan adalah penyangga kesehatan. Jika kebutuhan pangan terpenuhi, imunitas tubuh akan terjaga sehingga mampu melawan Covid-19.  

Pada dasarnya konteks agribisnis tidak hanya pangan sebagaimana yang sering dibicarakan, namun termasuk didalamnya daya beli, kesempatan kerja, pembangunan desa, nilai tambah, bahkan bagaimana ekspor produk pertanian yang sebagian besar masih dilakukan. Pendekatan sistem agribisnis memiliki keterkaitan dengan hulu ke hilir, yang sangat penting sekaligus menentukan seluruh kegiatan pertanian. Jadi sistem agribisnis tentang hulu ke hilir adalah sesuatu yang mutlak bagi keberlangsungan pertanian dan agribisnis itu sendiri.  

Berkaitan dengan hal tersebut Program Studi Agribisnis bekerjasama dengan Perhepi Komda Surakarta menyelenggarakan Webinar yang megusung tema "Daya Saing Agribisnis Di Era New Normal: Peluang Dan Tantangan" dengan narasumber sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec (Guru Besar FEM IPB dan Ketua Umum PP Perhepi)
  2. Prof. Dr. Ir. Masyhuri (Guru Besar Fakultas Pertanian UGM)
  3. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si. (Rektor Usahid dan Dosen Prodi Agribisnis FP UNS)
  4. Dr. Tedy Dirhamsyah, SP., MAB. (Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Perkebunan – Balitbangtan Kementan RI)

Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui Youtube. Kegiatan webinar berjalan dengan baik dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh para narasumber. Pemaparan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec dengan tema paparan “Peluang Ekspor Produk-Substitusi-Impor  Indonesia Di Era “New Normal” Pandemi Covid-19”, dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. Masyhuri dengan tema “Strategi Sektor Pertanian Menghadapi Pandemi Covid 19”. Kemudian Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si melakukan paparan dengan tema “Orientasi Baru  Pengembangan Sistem Agribisnis (Dari Produksi Menuju Kesejahteraan Petani)”. Selanjutnya adalah tema “Tantangan Dan Peluang Agribisnis Pangan Dan Pertanian Nasional Pada Masa Covid 19 Dan Normal Baru” yang dipaparkan oleh Dr. Tedy Dirhamsyah, SP., MAB. Turut hadir dalam kegiatan ini, lebih dari 1.000 peserta yang tersebar melalui Zoom Meeting maupun Youtube.

 

 


Video Terkait :