Webinar Seri 2: Open Talk Program Studi S1 Dan S2 Agribisnis Uns: Bersama Wujudkan Agribisnis Indonesia Unggul
Rabu, 01 Jul 2020, 20:25:33 WIB - 280 View

Webinar Seri 2: Open Talk Program Studi S1 Dan S2 Agribisnis Uns: Bersama Wujudkan Agribisnis Indonesia Unggul

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret merupakan program studi yang memiliki komitmen tinggi terhadap upaya pengembangan agribisnis di Indonesia. Sebagai institusi akademik, Prodi Agribisnis mendesain kurikulum yang efektif dan solutif terhadap permasalahan agribisnis. Proses pembelajaran dikemas secara atraktif dengan menekankan pada inovasi pengetahuan, praktek yang menyentuh langsung permasalahan agribisnis, dan kemampuan analitis yang tajam.

Kemajuan teknologi membuat semakin mudah akses terhadap informasi yang diinginkan. Oleh karena itu, Prodi S1 dan S2 Agribisnis berusaha menyesuaikan perubahan zaman dengan menyapa lebih dekat melalui kegiatan open talk. Kegiatan open talk Prodi S1 dan S2 Agribisnis bertujuan agar masyarakat khususnya calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa mengetahui secara mendalam visi, misi, maupun profil lulusan Prodi Agribisnis UNS. Masyarakat yang memiliki ketertarikan lebih terhadap Prodi Agribisnis juga dapat berinteraksi langsung dengan ketua program studi dan para alumni pada kegiatan open talk ini. Disamping itu, kegiatan ini juga ditujukan pada mahasiswa Prodi Agribisnis untuk mengetahui arah dan kebijakan kampus terutama didalam masa new normal.

Berkaitan dengan hal tersebut Program Studi S1 dan S2 Agribisnis menyelenggarakan kegiatan yang mengusung tema “Open Talk Program Studi S1 Dan S2 Agribisnis UNS: Bersama Wujudkan Agribisnis Indonesia Unggul” dengan narasumber sebagai berikut:

  1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S. (Ketua Prodi S1 Agribisnis UNS)
  2. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. (Ketua Prodi S2 Agribisnis UNS)
  3. Putriestri Mandasari, S.P., M.Si. (Alumni S1 dan S2 Agribisnis UNS, Dosen Prodi Agribisnis UNS, dan Mahasiswa S3 Washington State University USA)
  4. Habib Bukhori, S.P. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2009 dan Bekerja di Bank Mandiri Area Kupang)
  5. Cahyo Wisnu Rubiyanto, S.P., M.App.Sc. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2010, Mahasiswa S2-S3 United Graduate School of Agriculture Science Gifu University)
  6. Rizqi Ramadhani, S.P., M.BA. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2012 dan Owner Poofy Puff Solo)
  7. Puspa Rizki Andhani, S.P., M.Sc. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2010 dan Alumni Wageningen University)
  8. Anggarda Paramita Imawati, S.P. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2013)
  9. Diki Marlina, S.P. (Alumni Agribisnis UNS Angkatan 2013, Awardee Beasiswa S2 UNS, dan Intership FP UNS di Yukiguni Maitake Corp. Jepang)
  10. Aditya Ilman Septiawan (Ketua Kamagrista/ Keluarga Mahasiswa Agribisnis Pertanian/)

 

Webinar ini dilaksanakan secara online melalui Zoom dan disiarkan secara langsung melalui Youtube. Kegiatan webinar berjalan dengan baik dan dibuka secara langsung oleh moderator yakni Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M.Ec tepat jam 09.00. Selanjutnya moderator membacakan profil narasumber dan dilanjutkan dengan pemaparan serta sesi diskusi. Pemaparan pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S. selaku Ketua Prodi S1 Agribisnis. Dalam paparannya disampaikan bahwa Prodi S1 Agribisnis memiliki komitmen tinggi terhadap upaya pengembangan Agribisnis dan bersama-sama mewujudkan agribisnis Indonesia unggul. Disamping itu, disampaikan pula mengenai visi, misi, profil lulusan, tenaga kependididkan, kegiatan mahasiswa hingga daya tampung dan akreditasi Prodi S1 Agribisnis.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P. selaku Ketua Prodi S2 Agribisnis. Dalam paparannya dikemukakan mengenai visi, misi, profil lulusan, hingga prosedur pendaftaran yang bisa diakses melalui SPMB UNS. Dalam masa Pandemi Covid-19 ini pembelajaran di Prodi S2 Agribisnis akan dilakukan secara daring dengan menggunakan berbagai macam platform yang akan terhubung dengan SPADA UNS. Untuk biaya perkuliahan di Prodi S2 Agribisnis terdiri dari Pengembangan Institusi (SPI)  Rp5.000.000,- dan uang kuliah tunggal (UKT) per semester sebesar Rp6.600.000,-

Kemudian kegiatan open talk  dilanjutkan dengan pemaparan pengalaman diskusi interaktif dengan para alumni dan ketua KAMAGRISTA, berturut-turut yaitu Putriestri Mandasari, S.P., M.Si., Habib Bukhori, S.P., Cahyo Wisnu Rubiyanto, S.P., M.App.Sc., Rizqi Ramadhani, S.P., M.BA., Puspa Rizki Andhani, S.P., M.Sc., Anggarda Paramita Imawati, S.P., Diki Marlina, S.P., dan Aditya Ilman Septiawan.


Video Terkait :